Sebagai seorang telesales, Anda diharapkan untuk menjual produk dan jasa dari perusahaan tempat Anda bekerja dengan memanggil calon pelanggan. Anda bekerja dalam sebuah tim yang akan menetapkan target dan strategi oleh tim pengawas. Hari-hari Anda sebagian besar akan dihabiskan dengan melakukan panggilan kepada calon pelanggan dan membujuk mereka untuk membeli produk, percobaan layanan atau menerima kunjungan dari anggota lain dari tim penjualan.

Berikut kami uraikan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam bidang telesales:

DATA BAIK YANG BERSIH

Tidak ada gunanya membayar seseorang (atau perusahaan) untuk membuat panggilan menggunakan data lama, atau orang-orang yang tidak memiliki kepentingan dalam produk atau jasa yang Anda jual. Data Anda harus up to date, relevan dan dibersihkan secara teratur.

PAHAMI TUJUAN ANDA!

Anda harus tahu persis apa yang Anda inginkan dari kegiatan ini. Misalnya untuk peningkatan penjualan, dan peningkatan permintaan atau peningkatan pengetahuan tentang pelanggan Anda? Anda juga perlu tahu apa target yang telah Anda tetapkan dan bagaimana Anda akan mengukur dan mengevaluasi hasilnya.

MENGGUNAKAN NASKAH ATAU TANPA NASKAH

Anda harus selalu terdengar tanpa naskah ketika melakukan kegiatan menelepon. Akan selalu ada celah untuk berimprovisasi dari garis dasar percakapan, Anda membutuhkan fleksibilitas untuk bereaksi terhadap apa yang terjadi pada saat itu dan tidak terpaku mengikuti skenario yang ketat.

FOLLOW UP ON TIME

Jika Anda memberitahu seseorang bahwa Anda akan menindaklanjuti panggilan dalam waktu tertentu, pastikan bahwa Anda melakukannya! Harus ada komunikasi yang kuat dalam penyampaian informasi untuk memastikan hal ini diambil dengan cepat dan efisien.

JANGAN TAKUT VOICEMAIL

Jika orang yang yang Anda hubungi berada pada saat yang tidak tepat, tinggalkanlah pesan suara. Orang lebih suka tahu siapa yang menelepon daripada mendengar Anda menutup telepon. Hal ini juga mempersiapkan mereka untuk Anda menelepon lagi.

MENGAJUKAN PERTANYAAN

Mengajukan pertanyaan akan membuat orang yang Anda ajak berbicara menjadi terlibat dalam percakapan. Dengan mengajukan pertanyaan dan terlibat pemanggil Anda akan belajar lebih banyak tentang mereka, menjaga mereka berbicara lebih lama dan mendorong mereka untuk mengajukan pertanyaan juga. Semakin lama percakapan itu maka semakin besar kemungkinan panggilan tersebut untuk berhasil melawan kriteria Anda.

MENGEVALUASI

Anda harus selalu mengevaluasi efektivitas kegiatan apapun. Buat beberapa perubahan strategis sederhana dalam kegiatan Anda. Bisa jadi yang sederhana tersebut mengubah hasil Anda. Pastikan metode evaluasi Anda ditetapkan sebelum kegiatan dimulai sehingga Anda mengevaluasi apa yang Anda butuhkan dan bukan apa yang Anda ingin.

MENDENGARKAN

Pantau dan rekam pilihan panggilan yang dibuat. Ini akan memberikan efek ganda. Yang pertama, dengan mengetahui bahwa kita direkam maka kita akan mengupayakan layanan terbaik yang kita bisa. Yang kedua adalah bahwa dengan mendengarkan rekaman panggilan kita sebelumnya, kita dapat mendengar apa yang berhasil, apa yang tidak, apakah nadanya benar dan apakah fokusnya tepat. Ini menjadi alat kunci untuk evaluasi dan tidak boleh diabaikan.

 

LOWONGAN TELESALES

Kualifikasi: Pria/Wanita, Usia maksimal 35 Tahun, Pendidikan minimal SMA/K, Komunikatif. Kirimkan CV anda ke nanda.harda@yahoo.com  atau isi form lamaran kerja di website http://pthardaesaraksa.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked