Jika ditanya “apakah sales dan marketing itu berbeda???” maka sebagian besar masyarakat pasti akan menjawab bahwa dua hal tersebut sama. Padahal sebenarnya kedua istilah tersebut sangatlah berbeda. Namun masyarakat sering menyalahartikan bahwa sales dan marketing memiliki arti yang sama, yaitu jualan produk.Marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Ada beberapa cabang yang merupakan bagian dari marketing yaitu bidang promosi, sales dan komunikasi pemasaran. Disinilah dapat diketahui bahwa sales merupakan bagian dari marketing. Sales adalah cabang dari pemasaran yang bertugas menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dengan cara menjual produk perusahaan tersebut. Berikut adalah rincian perbedaan mendasar antara keduanya:

Sales adalah…

  1. Sales adalah dari satu ke satu
  2. Sales adalah sosok yang membuat bisnis menjadi nyata untuk klien. Disinilah dimana suatu brand menjadi hidup.
  3. Sales membangun sebuah hubungan. Hubungan antara klien dengan sales dan perusahaan.
  4. Sales mencari target individu.
  5. Sales membuat kesepakatan secara detail dengan tiap individu. Hasil dari hal ini tidak bisa dirata-ratakan.
  6. Sales menganalisa sikap dan sifat klien dari pandangan dari individu terhadap individu.
  7. Sales bergerak dengan mendiskusikan harga dan diskon. Sales melakukan persetujuan dengan pelanggan mengenai resiko apa yang didapat ketika memutuskan untuk melakukan pembelian dan memperlihatkan bahwa perusahaannya tidak akan memberikan resiko tersebut.

Marketing adalah…

  1. Marketing adalah dari satu ke banyak
  2. Marketing menceritakan sebuah kisah mengenai perusahaan, produk, dan sebagainya ke banyak orang.
  3. Marketing memperlihatkan reputasi sebuah brand.
  4. Marketing harus membuat kisah yang ia ceritakan selalu tersirkulasi di tengah target pemasarannya.
  5. Marketing menganalisa data besar. Marketing membawakan hasil rata-rata, tidak spesifik.
  6. Marketing mempelajari pengalaman apa yang diinginkan pelanggan ketika mereka membeli suatu produk, jasa, atau solusi.
  7. Marketing tidak harus mempromosikan harga spesial dan diskon, melainkan mengganti hal ini dengan penawaran spesial yang memberikan nilai lebih.

Sebuah perusahaan tidak akan berhasil memenangkan persaingan pasar jika hanya mengandalkan sales. Dan sales tidak akan tercipta dengan baik jika  tanpa didukung dengan strategi marketing yang baik. Setiap perusahaan bisa melakukan penjualan, namun belum tentu setiap perusahaan mampu merencanakan strategi pemasaran yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya.

Berikut adalah kesempatan berkarir untuk bidang sales:

LOWONGAN SALES PROMOTION GIRL AND BOY (SPG/B) Kualifikasi: Pria/Wanita, pendidikan minimal SMA, komunikatif, berpenampilan menarik, tinggi badan pria 160 cm wanita 155 cm, berpengalaman di bidang sales.Kirimkan segera lamaran dan CV lengkap Anda ke:

Ibu Siti Nurjanah, email: nanda.harda@yahoo.comatau isi form lamaran kerja di website http://pthardaesaraksa.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked