04 September 2018

Kenapa takut jadi Sales ?

Perusahaan tempat saya bekerja bergerak di bidang Jasa Penyediaan dan Penempatan Tenaga Kerja atau Labour Supply , setiap hari ada banyak para pencari kerja yang datang melamar untuk mencari kerja dan rata - rata mereka para pencari kerja inginnya menjadi Staff Admin dan profesi sejenis . Ketika mereka di tawarkan pekerjaan sebagai SALES muncul penolakan halus dari mereka , mulai dari mimik wajah yang kurang nyaman sampai kalimat " ada lowongan yang lainnya tidak ? " mereka seperti tidak sabar untuk segera mungkin selesai sesi interview ketika di tawarkan posisi sebagai seorang sales  

Ada apa sih dan memangnya kenapa sih kalau jadi SALES ? itu pertanyaan BESAR dalam hidup saya , kenapa orang kurang tertarik menjadi SALESSS !!! Jawaban sederhana yang sering saya dengar adalah karena sales itu ada Target dan yang berikutnya mungkin jawabannya " saya tidak punya bakat menjadi seorang Sales "

 

Kalau ada orang menjawab seperti itu , saya punya penjelasan sederhana kenapa KITA ini sebenarnya sudah menjadi seorang SALES tanpa kita sadari .

  1. Kita mulai mengenai TARGET , memang benar setiap hari di kepala seorang sales yang baik adalah bagaimana cara nya bisa mencapai target dan walaupun target itu telah tercapai akan ada target baru lagi setiap waktunya.Menjadi seorang sales ketika berbicara mengenai target ,  tidak akan ada habis - habisnya.Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari - hari saja kita memiliki target , sebagai contoh sederhana ketika kita ingin menikah dengan kekasih hati pasti ada targetnya seperti bagaimana cara berbicara dengan calon mertua , bagaimana cara mengumpulkan uang buat biaya menikah dan bagaimana mempersiapkan diri setelah menikah.bukankah itu suatu target yang nyata ?  yang pasti akan kita lakukan adalah memulai perencanaan dan melaksanakan bagaimana semua itu dapat tercapai dengan segala cara yang bisa kita lakukan untuk mewujudkannya . Hal yang demikian itu yang dinamakan Sales Plan dan tujuan dari Sales Plan adalah untuk meraih " target " yang di inginkan.
  2. Berikutnya mengenai " BAKAT SALES " Sales adalah pribahasa dalam bahasa Inggris yang bila di artikan dalam bahasa Indonesia yaitu Menjual atau penjualan , nah ini sangat menarik . Sebagai seorang manusia tentunya kita ingin menjadi dan mendapatkan yang terbaik dalam hidup kita , seperti ketika kita ingin mendapatkan kenaikan gaji atau jabatan di perusahaan tempat kita bekerja . Pada proses untuk mendapatkan kenaikan gaji atau promosi jabatan itulah seseorang mengeluarkan bakatnya sebagai seorang sales bagi dirinya sendiri.Kita akan menjual potensi atau sikap kita dalam bekerja dengan sebaik - baiknya agar dapat menyelesaikan pekerjaan yang di berikan kepada kita dapat terlaksana dengan baik ,  yang bila hasilnya sesuai dengan target dan harapan perusahaan maka kita akan mendapatkan hadiah berupa kenaikan gaji atau jabatan bila hasil tersebut juga kita capai dengan konsisten .

Dari hal tersebut di atas terlihat jelas bahwa tanpa kita sadari kita adalah seorang sales bagi diri kita sendiri , sales bukan terpaku kepada apa yang di jual saja tapi bagaimana cara menjual yang baik. Jangan pernah berfikir takut gagal , karena tanpa kegagalan kita tidak akan pernah menghargai apa arti dari keberhasilan . jadi jangan takut jadi sales karena kita adalah sales dalam kehidupan kita .

Author : M Yusuf Handopo

Share Artikel