26 Desember 2018

Bekerja Sesuai Passion?

"Passion is energy. Feel the power that comes from focusing on what excites you."

-Oprah Winfrey-

Begitu menurut seorang Host terpopuler di dunia.  Apa sih passion itu? Terkadang passion disamakan dengan hoby? Betulkah?

Yuk simak pembahasanya berikut ini :

Passion  dalam bahasa Indonesia dimaknai sebagai gairah atau semangat terhadap hal tertentu atau kegiatan yang bikin kita selalu merasa ingin lebih baik dari sebelumnya. Istilahnya, passion itu hal yang bikin kita selalu ‘lapar’ tentang suatu hal. Lalu hobi, apa itu hobi? Hobi adalah kegiatan biasanya bersifat rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Nah berbeda kan dengan passion, hobi belum tentu passion dan passion belum tentu hobi.

Coba deh kenali passion kamu, dengan hal-hal ini :

  • Hal-hal yang paling kamu nikmati dan paling bisa mendatangkan kebahagiaan atau kepuasan saat mengerjakannya.
  • Hal-hal yang membuat kamu antusias sehingga menyedot perhatian dan pikiran kamu dengan cara yang positif.
  • Things that thrill and ‘fuel’ you.
  • Hal-hal yang saat mengerjakannya waktu berlalu tanpa terasa dan kamu serasa “terserap” atau “tenggelam” di dalamnya.
  • Hal-hal yang kamu tidak perlu disuruh untuk melakukannya, ingin kamu kerjakan selama hidup dan tidak pernah terpikir untuk meninggalkan.
  • Hal-hal yang kamu rindukan dan sangat terasa ada yang hilang saat tidak bisa mengerjakannya.

 

Nah, lalu mengapa bekerja harus sesuai dengan passion? Mencari pekerjaan di zaman sekarang ini kan susah, kalau harus nungguin lowongan yang sesuai passion lama dong dapat kerjanya. Yups, bagi sebagian fresh graduate yang utama adalah pengalaman. Artinya pekerjaan apapun diambil dulu, untuk mencari pengalaman serta mencari passion juga. Setelah pengalaman di dapat, dapat tersortirlah passion dari diri masing-masing. Nah dari sinilah kita dapat memilah milah pekerjaan yang sesuai dengan passion.

Terus apa bedanya bekerja tanpa passion dan bekerja dengan passion?

1. Penyesuaian diri lebih cepat

Baik itu dari sisi lingkungan ataupun sisi pekerjaan, pasti akan lebih cepat menyesuaikan diri. Ya tentunya disesuaikan juga dengan karakter masing-masing orang ya.

2. Lebih menikmati proses.

Yaaaa... sebanyak apapun pekerjaan, seberat apapun target. Jika apa yang dikerjakan itu sesuai dengan passionnya, pasti akan enjoy. Pekerjaan apapun pasti tidak akan terasa beratnya, itulah yang dinamakan menikmati proses.

3. Menghargai hasil yang diperoleh.

Satu alasan yang memotori seseorang untuk bekerja adalah gaji. Dengan gaji yang tinggi, seseorang dapat memiliki kehidupan yang lebih dari cukup. Tapi, gaji yang tinggi akan sia-sia apabila orang tersebut tidak menikmati proses kerja yang dijalani. Bandingkan dengan orang yang bekerja sesuai passion.

Berapapun gaji yang diterima, lebih dihargai karena ia senang melakukan hal tersebut. Bahkan tanpa dibayar sekalipun, orang tersebut juga akan tetap bersedia melakukan pekerjaan itu dengan maksimal karena ia menyenangi bidang yang dilakukannya.

4. Tidak mudah stres dan lelah.

Setiap pekerjaan pasti menghasilkan rasa lelah, tapi bagi mereka yang bekerja dengan passion pasti akan menikmati proses. Mereka lebih bisa mengatasinya dengan baik. Target biasanya membuat sesorang mudah stres, itu wajar. Tapi ini tidak akan terjadi bila kamu kerja sesuai dengan passion. Bila pekerja lain sering mengajukan cuti untuk beristirahat, kamu malah sama sekali tidak menggunakan jatah cuti dan memanfaatkan hari libur di akhir pekan untuk beristirahat atau melakukan kegiatan lain yang disenangi.

5. Peluang Berkarir Terbuka Lebar

Seseorang yang bekerja sesuai passion akan menyelesaikan pekerjaannya dengan senang hati tanpa beban sedikit pun. Energi positif yang ada dalam dirinya akan dimanfaatkan demi mendapat hasil kerja yang benar-benar maksimal.

Maka tidak heran kalau orang seperti ini memiliki peluang kerja yang bagus. Kesempatan untuk dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi pun terbuka lebar, sehingga seseorang bisa lebih sukses dalam perjalanan karirnya.

 

Sumber : Berbagai sumber.

 

Author : An Jayanti

Share Artikel