08 Januari 2019

Stop Wishing Start Doing

Orang-orang yang kita anggap sukses dan sering kita temui saat ini adalah mereka yang tidak hanya berani bermimpi besar, bercita-cita besar dan berangan tinggi. Tetapi mereka adalah orang-orang yang  juga berani untuk mengambil langkah awal, langkah pasti untuk memulai perjuangan mereka dalam mewujudkan mimpi-mimpinya. Sahabat semuanya, mimpi-mimpi kita, coretan-coretan harapan yang telah kita tuliskan dalam lembaran-lembaran kertas bahkan mungkin telah kita desain seindah mungkin, dipigura dan kita tempelkan dalam tembok-tembok kamar kita. Itu semua hanya akan sekedar menjadi harapan dan coretan tanpa makna manakala tak ada usaha dari dalam diri kita untuk memulai langkah pertama kita dalam membangun kerajaan mimpi-mimpi kita menjadi nyata.
Sebagian orang diantara kita terlalu takut bahkan hanya untuk sekedar bermimpi dan bercita-cita besar. Mereka takut jika bermimpi terlalu tinggi mereka tak sanggup untuk menggapainya, bahkan mereka tak siap dengan kekecewaan yang akan mereka dapatkan sebagai buah dari    mimpi-mimpi yang tak tercapai. Sebagian yang lain telah berani untuk bermimpi besar, telah menuliskannya dalam lembar-lembar kertas namun terkadang terlampau takut untuk memulainya, entah karena memang tidak tahu caranya atau karena memang belum adanya motivasi yang kuat dari dalam diri untuk memulainya.
Ada kondisi dimana manusia-manusia ini mengalami kemiskinan motivasi, ada kekurangan gairah dalam diri yang pada akhirnya telah menguasai otak dan diri mereka, mengekang mereka dan membatasi mereka untuk bergerak. Mereka telah dikendalikan oleh energi-energi negatif yang hadir menghantui pikiran, terus menerus berkecamuk di dalam angan yang pada akhirnya membuat pola pikir mereka bahwa mereka takkan bisa mewujudkan mimpi-mimpi mereka dan enggan untuk bergerak memulai.
Perasaan-peraan negatif, pesimisme, keraguaan, ketakutan-ketakutan telah mendominasi pikiran dan otak mereka, mereka mengizinkan semua itu membatasi mereka dan tanpa disadari mereka telah membangun sebuah tembok pembatas yang begitu tinggi dan tebal yang memisahkan antara mimpi-mimpi mereka dengan kesuksesan yang seharusnya bisa mereka dapatkan dengan mengambil langkah aksi nyata.
Sejuta mimpi yang kau buat, tidak akan mengantarmu menuju kesuksesan jika tak ada tindakan meskipun kecil, untuk memulainya. 
 Pesan di atas memberikan makna yang mendalam, bahwa seberapa banyak mimpi-mimpi yang telah kita buat, puluhan, ratusan bahkan ribuan mungkin takkan pernah mampu kita raih dan mampu mengantarkan kita ke puncak kesuksesan manakala tak ada keyakinan dan kesiapan diri kita untuk berusaha memulainya.  Sahabat semuanya, jangan pernah izinkan keragu-raguan menghalangi diri kita untuk tumbuh, berkembang dan memulai langkah baru dalam hidup kita. Buanglah jauh-jauh setiap pikiran-pikiran negatif yang berusaha singgah di dalam otak kita, dan hadirkan pikiran-pikiran positif akan masa depan cerah yang telah menanti di depan mata. Berusahalah untuk terus membayangkan mimpi-mimpi indah itu, bayangkan ia begitu nyata, hadirkan kesemnagatan dan keyakinan dalam dada untuk mengejarnya dan mendapatkannya. Hilangan semua keraguan, karena keraguan hanya akan membuat kita terkekang dan semakin menjauh dari kesuksesan.
“Jangan pernah ragu dengan potensi yang ada dalam diri anda. Cobalah lihat kupu-kupu, seandainya saja ia memiliki keraguan-keraguan, maka ia akan hidup dan mati sebagai seekor ulat bulu yang hanya bisa merangkak.” -Larispique Philidor  
Sahabat semuanya, ulat  bulu takkan pernah menjadi kupu-kupu yang indah dan mampu beterbangan diantara indahnya bunga-bunga, dan merasakan manisnya madu manakala ia tak yakin bahwa ia bisa menjadi kupu-kupu. Sama seperti diri kita, kalau diri ragu dengan potensi yang ada dalam diri dan tidak ada keyakinan dalam hidup untuk mencapai mimpi-mimpi kita, maka kita juga akan berakhir menjadi manusia biasa-biasa saja dengan prestasi dan capaian yang biasa saja. Layaknya sesekor ulat bulu yang hanya bisa merasakan daun sebagai makanannya tanpa pernah mampu mengecap manisnya madu dan harumnya bunga sebagaimana yang mampu dirasakan oleh kupu-kupu.
Memulai hal baru memang tidaklah mudah, banyak sekali tantangan yang ada dihadapan. Tantangan kesemangatan yang kadang naik turun, pandangan pesimis orang lain terhadap usaha-usaha yang tengah kita lakukan. Namun yang menarik dan menjadi tantangan tersendiri adalah akhir dari usaha yang telah kita lakukan masih belum jelas seperti apa dan kita sendiri yang akan menentukan akhirnya, berakhir bahagia ataukah duka. Setiap dari kita menginginkan akhir yang bahagia bukan?
So! nikmatilah perjuangan-perjuangan yang tengah kita usahakan hari ini, bahagia atau tidaknya pada akhirnya adalah buah dari perjuangan dan pengorbanan yang kita lakukan. Jadi, sudah sangat jelas sahabat semuanya. Ketika kita menginginkan kesuksesan dalam hidup kita maka kita harus berani bermimpi dan berani mengambil tindakan untuk memulai perjuangan dalam mewujudkan mimpi-mimpi kita. Jangan biarkan mimpi-mimpi kita berakhir hanya menjadi angan semata, atau hanya sekedar coretan hiasan dinding tanpa makna. So, Mari memulai langkah kesuksesan kita setahap demi setahap, hilangkan keraguan hadirkan keyakinan dan optimisme dalam hidup, dengan begitu maka mimpi dan kesuksesan yang kita dambakan semakin dekat dengan diri kita dan semakin mudah untuk kita raih. Inshaa Allah.
 

author : Cheryl Carisa

Share Artikel