21 Februari 2019

KEPRIBADIAN vs KARAKTER

Apasih yang membedakan Kepribadian dan Karakter itu? Biasanya kita mengangap kepribadian dan karakter itu sama, tapi dalam dunia psikologi karakter dan kepribadian itu beda loh, yuk kita bahas perbedaan kepribadian dan karakter. Kepribadian dan karakter melekat pada setiap diri individu, kebanyakan orang beranggapan bahwa kepribadian dan karakter adalah suatu hal yang sama. Dalam masyarakat awam terjadi pengertian yang saling tumpang tindih antara kepribadian dan karakter. Padahal kepribadian dan karakter merupakan suatu pemahaman yang berbeda walaupun keduanya terdapat dalam diri individu. Kepribadian merupakan cara individu berpikir dan berperilaku yang khas yang nantinya akan menentukan penyesuaian diri inidividu terhadap lingkungannya. Sedangkan karakter adalah perilaku seseorang yang relatif permanen dan berinteraksi dengan lingkungan yang dilandasi dengan pengetahuan tentang moral.

Kepribadian merupakan kombinasi sifat – sifat alam diri seseorang yang mengarahkannya untuk berpikir, berperasaan, dan bertingkah laku tertentu yang khas dalam hubungannya dengan lingkungan. Hal ini tersebut tentu berbeda dengan karakter yang merupakan kombinasi sifat – sifat dalam diri seseorang yang menjadikannya unik berdasarkan dengan apa yang individu miliki sejak lahir maupun apa yang dipelajari dalam hidupnya. Karakter lebih mengarah pada nilai – nilai serta kepercayaan individu.

Meskipun memiliki makna yang berbeda, antara kepribadian dan karakter juga terdapat kesamaan yaitu keduanya sama – sama dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor keturunan diantara kepribadian dan karakter akan sangat mempengaruhi individu, disisi lain faktor lingkungan dapat membuat individu mengembangkan kepribadian dan membentuk karakter yang kesemuanya bergantung kepada lingkungan dimana individu tersebut tinggal dan berinteraksi. Kepribadian dan karakter merupakan satu kesatuan yang dipandang dari segi yang berbeda. Apabila kita ingin menilai seseorang yang melibatkan norma maka yang dipakai adalah karakter, sedangkan apabila kita ingin menggambarkan bagaimana seorang individu maka yang digunakan adalah kepribadian.

Seperti apa yang dikemukakan oleh Allport (1937)  “character is personality evaluated, and personality is character devaluated”. Karakter adalah kepribadian yang dievaluasi, dan kepribadian adalah karakter yang mendevaluasi. Berdasarkan pernyataan tersebut, kepribadian dan karakter seseorang merupakan satu kesatuan yang merupakan hasil interaksi antara diri individu itu sendiri serta pengalaman hidup dan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, kepribadian individu bisa berubah meskipun cenderung menetap dan berjangka waktu lama tetapi secara teratur kepribadian individu tumbuh dan berkembang. Sedangkan karakter individu bisa dibentuk dari pengalaman atau segala hal yang dipelajari selama hidupnya.

Sebagai contoh individu memiliki kepribadian introvert cenderung pendiam dan pemalu. Dari contoh tersebut introvert merupakan kepribadian sedangkan  pendiam dan pemalu merupakan karakter. Contoh lain, Individu memiliki kepribadian koleris maka ia memiliki karakter yang dinamis dan aktif. Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa kepribadian merupakan keseluruhan aspek yang terdapat dalam diri seseorang, yang didalamnya termasuk karakter. Sedangkan karakter merupakan sifat – sifat yang berhubungan dengan nilai – nilai yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi seorang individu.

Share Artikel