Recruitment Officer bertugas untuk melakukan pelaksanaan proses perekrutan pegawai dan penempatannya di perusahaan, sehingga mendapatkan pegawai dangan keahlian, kemampuan dan kompetensi yang tepat agar bisnis perusahaan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.

Untuk menjadi RO kompeten yang mampu mendapatkan karyawan baru dengan kualitas prima untuk perusahaan, berikut adalah penjelasan spesifik dari tugas RO yaitu:

  • Menarik pelamar dengan menempatkan iklan lowongan kerja baik melalui kegiatan kanvas maupun menggunakan newsgroup dan situs pekerjaan.
  • Melakukan sortir lamaran yang masuk untuk kemudian koordinasi jadwal dan melakukan follow up pemohon untuk wawancara.
  • Menentukan kualifikasi pemohon dengan mewawancarai pelamar; menganalisis respon untuk kemudian membandingkan kualifikasi persyaratan kerja.
  • Setelah interview awal kemudian melakukan tes psikologi untuk mendapatkan calon karyawan yang tepat dan sesuai.
  • Merekomendasikan kandidat berdasarkan hasil tes psikologi dan interview awal, serta mengatur jadwal interview lanjutan (user, HRD, presiden direktur), agar proses rekrutmen dapat berjalan dengan baik sesuai rencana.
  • Mengelola penempatan karyawan baru dan membina hubungan dengan karyawan tersebut selama masa kerjanya.

Keterampilan dan Kualifikasi:

Keterampilan telepon, Merekrut, Keterampilan Wawancara, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Profesionalisme, Organisasi, Manajemen Proyek.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked