Sales… sebuah profesi yang dihindari oleh sebagian orang, ditengah sempitnya lapangan pekerjaan jika dibandingkan jumlah penduduk usia produktif di negeri ini. Sales…. sebuah profesi yang dibenci oleh sebagian masyarakat yang mungkin pernah memiliki pengalaman kurang mengenakan, atau sekedar mendengar dari teman, tetangga, keluarga, atau gosip di bis kota. Padahal tanpa adanya Sales, apalah jadinya dunia industri?

Mari kita lihat sosok sales dari sudut pandang lain :

  1. Banyak Orang Sukses Bermula dari Sales

Banyak pejabat di kantor setingkat Manager, GM, dan direktur memulai karirnya dari seorang sales. Pengalaman mereka di lapangan ternyata menjadikan mereka sosok yang dekat dengan pasar, paham bagaimana harus bertindak, dan memiliki jaringan yang luas. Satu hal yang sangat mahal, karena akan banyak bermanfaat ketika membangun sebuah usaha dan menjalankan roda bisnis.

  1. Mental Baja & Ego Drive

Seorang Sales dituntut untuk bermental baja dan gigih dalam menjalankan tugasnya. Kreatif dan dinamis sudah pasti lekat dengan Sales, bagaimana mereka mengatasi kendala yang ada demi pencapaian. Sales dituntut untuk mandiri dan penuh kesadaran, mereka dilatih untuk “bersaing” guna menunjukkan perfoma terbaik. Ya, ego drive sangat berperan disini. Mereka yang menyikapi semua itu secara positif, akan terbentuk menjadi pribadi yang terasah. Sales yang baik akan menerapkan metode seorang dokter, yakni bertanya tentang kebutuhan dan keinginan konsumen, menganalisa, menyimpulkan, dan menawarkan dengan penawaran yang tepat atau mendekati tepat. Yuk kita hindari sikap yang merugikan dan kita jaga bersama citra profesi Sales, supaya “penolakan” terhadap profesi Sales bisa ditekan.

  1. Modal Dasar Membangun Usaha

Ini dia. Pengalaman dalam menjalankan fungsi Sales, akan menjadikan diri kita terlatih untuk mandiri dan sadar diri. Sadar dalam mengatur waktu, sadar akan tanggungjawab, sadar akan kewajiban. Network yang sudah terbangun, kepercayaan diri, kemampuan interpersonal yang baik, dan mental baja dalam mensikapi kendala. Semua ini sangat dibutuhkan dalam membangun usaha. Coba bayangkan, kalau bisa produksi barang, tapi tidak tahu bagaimana memasarkannya?

Tak kenal maka tak sayang, cobalah dulu jangan langsung menolak. Yang jelas, Bangga lah Menjadi Sales, karena pada dasarnya setiap orang itu dekat dengan kegiatan selling walaupun tidak secara langsung. Bagaimana kita “menjual diri” adalah juga bagian dan bentuk lain dari kemampuan selling. Bagaimana kita mengolah dan menunjukan capability seorang karyawan, secara tidak langsung adalah selling activity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked