15 Januari 2019

Jurus Jitu Lolos Wawancara Kerja.

Hai Jobseeker, dewasa ini kita semua pasti sudah sering mendengar tentang istilah dari interview atau wawancara. Pertanyaan-pertanyaan yang diutarakan oleh pihak pewawancara itu mencakup dari apa yang tertera dalam surat lamaran atau pengalaman kerja yang ditulis oleh pelamar. Sehingga, sebisa mungkin surat lamaran haruslah ditulis dengan jujur, mengingat wawancara itu merupakan bentuk pembuktian atau klarifikasi dari apa yang tertulis dalam surat lamaran kerja.

Secara umum, interview atau wawancara ini biasanya dilakukan oleh pihak perusahaan untuk mengetahui seberapa besar potensi dan juga kemampuan dari calon karyawan yang ingin bekerja, sesuai dengan bidang atau posisi pekerjaan yang diinginkan.

Nantinya, hasil dari wawancara atau interiew ini tentu akan menentukan bagaimana nasib dari pelamar, apakah dia bisa diterima atau tidak di perusahaan yang dilamarnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin sebelum memulai interview, kita harus dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Masalah-masalah yang terjadi kepada mereka yang sedang menjalani interview kebanyakan adalah karena “grogi” atau “tidak percaya diri”. Jelas itu menjadi problem yang manusiawi, namun bukan berarti tidak bisa dihindari. Maka, untuk menghindari segala hal buruk yang terjadi baik pada saat interview ataupun setelah interview, Lalu apa saja sih yang harus di persiapkan sebelum memulai interview ?

  • Perhatikan berkas lamaran, seperti riwayat hidup, surat lamaran dan kelengkapan persyaratan lainnya. Upss, yang terpenting adalah jangan lupa cantumkan nomor telepon, dan pastikan tanggal & surat lamaran tersebut ditujukan untuk siapa. Karena sering kali tanggal surat lamaran udah jadul banget tanggalnya, hati-hati ya guys..
  • Cari tahu tentang perusahaan yang akan kita lamar. Baik melalui Google atau cari tau website resmi perusahaan tersebut, lokasi perusahaan pun harus kita cek dan jika memungkinkan survey terlebih dahulu perusahaan tempat kamu interview nanti.
  • Berlatih menjawab pertanyaan. Cara yang paling mudah untuk melatih tanya jawab ini adalah dengan mencari pertanyaan-pertanyaan interview terdahulu, entah itu bersumber dari kerabat dekat yang pernah diwawancara, internet, atau buku-buku tips sukses wawancara.
  • Berlatih untuk memperkenalkan diri. Biasanya, pihak pewawancara melihat bagaimana kesiapan kita dalam interview dari perkenalan diri. Adapun cara yang paling sederhana adalah dengan mempraktekannya di depan cermin. Dengan melihat diri kita sendiri berbicara dan memperkenalkan diri di cermin, kita bisa melihat dan mengoreksi gerak-gerik dan tatapan mata yang kurang.
  • Pahami posisi yang hendak dilamar. Biasanya, seorang pelamar pekerjaan itu hanya asal-asalan dalam melamar pekerjaan, yang penting mereka bisa mendapatkan pekerjaan. Padahal, itu jelas suatu tindakan yang kurang tepat mengingat suatu perusahaan hanya akan menerima pelamar yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi dari perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, apabila kalian mendapat respon untuk interview kerja, sebisa mungkin pahamilah posisi yang hendak kalian ambil di perusahaan tersebut. Meskipun dahulu kalian hanya asal-asalan dalam mendaftar, tetapi sebisa mungkin pahamilah posisi tersebut.
  • Perhatikan Cara Berpakaian. Penampilan adalah nomer satu, kenapa demikian? Ya karena jelas saja, di mata pewawancara, penampilan adalah cerminan dari kepribadian. Ada baiknya kalian harus memperhatikan gaya penampilan kalian terlebih dahulu. Bila perlu, minta saran kepada teman atau kerabat yang sudah pernah diinterview kerja.
  • Perhatikan waktu. Jangan sekali-kali meremehkan waktu meskipun itu hanya satu menit. Dalam dunia interview, terlambat satu menit saja bisa dibilang dapat menghancurkan impian kita untuk bekerja di perusahaan yang kita lamar. Lebih baik menunggu lama dipanggil daripada terlambat dan berakhirlah semuanya ya guys..

Nah, itu dia beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai interview kerja. Selanjutnya adalah 4 point penting yang harus kamu perhatikan juga pada saat interview berlangsung guys ..

Pertama, Cepat Merespons. Pasang telinga, fokus, dan berpikir cepat sangat penting saat menghadapi wawancara kerja. Jawaban yang lama sekalipun benar, akan mengurangi nilai Anda di mata pewawancara.

Kedua, Jawaban Cerdas. Kemampuan berpikir cepat harus diimbangi dengan pengetahuan dan wawasan luas, sehingga Anda bisa memberikan jawaban yang tepat.

Ketiga, Kontak Mata. Saat wawancara kerja, usahakan selalu menjaga kontak mata. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai dan tidak menyepelekan.

Keempat, Kepercayaan Diri. Ini adalah salah satu kunci penting. Penampilan Anda yang percaya diri akan langsung menarik perhatian pewawancara dan membuat mereka merasa tertarik untuk tahu lebih banyak tentang diri Anda.

Semua mungkin cukup terdengar sederhana, namun banyak calon pelamar yang menyepelekannya. Kematangan dan kesiapan dalam menghadapi interview ini tentu akan mempengaruhi segala aspek, mulai dari kepercayaan diri hingga keluwesan dalam menjawab.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya Jobseeker  ^_^

Sumber : tribunnews & squline

Author : Ervia Ufroh

Share Artikel